Rabu, 04 September 2019 19:03

Jika mengeluh susah berkemih saat usia lanjut, ini tipsnya

Kesehatan

Memiliki masa tua yang sehat dan berkualitas merupakan idaman setiap orang. Kami yakin, Anda pun menginginkannya. Namun, masa tua yang ideal tentu membutuhkan persiapan yang baik juga. Karena kondisi usia tua sangat berpengaruh pada apa yang sering Anda lakukan pada masa muda.

Salah satu gangguan yang dapat Anda alami di masa tua, yaitu gangguan berkemih, di mana kontrol Anda untuk berkemih mengalami gangguan. Kondisi ini terjadi bukan hanya karena respons penyakit, tapi juga bisa disebabkan oleh masalah fisiologis pada usia tua. Anda dapat mencegahnya dengan menerapkan pola hidup sehat saat usia muda, di antaranya:

> Membatasi konsumsi alkohol dan kafein

Ternyata, beberapa makanan atau minuman memiliki kandungan yang dapat merangsang reseptor-reseptor saraf di kandung kemih, seperti minuman yang mengandung alkohol atau kafein. Karena itu, batasi asupannya untuk menghindari kandung kemih Anda menjadi hiperaktif.

> Memiliki berat badan yang ideal

Apa hubungannya antara kelebihan berat badan dengan gangguan berkemih? Kemungkinannya adalah karena peningkatan lemak tubuh, terutama pada bagian perut, dapat meningkatkan tekanan intra abdomen. Hal ini membuat orang mudah mengalami gangguan berkemih.

> Menerapkan diet tinggi serat

Dengan menjalankan diet tinggi serat, maka akan memudahkan Anda mengurangi tekanan di dalam perut sehingga mengurangi risiko gangguan berkemih.

> Melakukan latihan Kegel

Latihan Kegel berfungsi untuk meningkatkan kekuatan otot-otot dasar panggul. Pada akhirnya, ini membuat kemampuan Anda untuk menahan buang air kecil menjadi lebih baik.

Hal-hal di atas cukup mudah untuk dilakukan, bukan? Tapi kadang, hal yang mudah akan menjadi sulit dilakukan jika tidak ada kemauan yang kuat. Yuk, semangati diri Anda untuk terus menjaga pola hidup sehat!

favorite 1 likes

question_answer 0 Updates

visibility 227 Views

Update
No Update Available
Related News
Selain artemisinin, masih banyak hadiah Tiongkok untuk dunia
Peng Liyuan berpidato di depan konferensi virtual Hari Tuberkulosis Sedunia 2022
Sambangi warganya, Polres Kepulauan Seribu bagikan masker gratis
×