Sabtu, 17 Agustus 2019 16:25

Upacara peringatan HUT ke-74 RI di Lantamal VI Makassar

Perayaan

Bertempat di Lapangan Apel Arafuru Markas Komando Pangkalan Utama TNI AL (Mako Lantamal) VI, Personel Lantamal VI melaksanakan upacara penaikan bendera dalam rangka peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia, Sabtu (17/8). Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Wakil Sementara (W.S) Wakil Komandan (Wadan) Lantamal VI Kolonel Laut (P) Suratun dengan peserta upacara terdiri dari Kompi Perwira, Kompi Bintara, Kompi Tamtama, Kompi Marinir serta Kompi PNS Lantamal VI

Dalam amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, yang dibacakan Irup menyampaikan, selama 74 tahun Indonesia sudah menunjukkan diri sebagai bangsa yang tangguh menghadapi berbagai tantangan, bangsa yang kokoh dalam bingkai persatuan NKRI yang ber-Bhinneka Tunggal Ika dan bangsa yang ingin terus maju serta berprestasi menggapai tujuan di tengah perubahan dan persaingan global yang kian menajam.

Lebih lanjut dikatakan, tahun ini pemerintah telah menetapkan tema peringatan HUT ke-74 RI, yaltu `SDM unggul, Indonesia maju`.

"Tema ini menjadi fondasi dasar dan pemacu semangat indonesia kedepan, khususnya bagi kita semua selaku prajurit pejuang matra laut yang adalah komponen utama pertahanan dan keamanan negara di laut sebagaimana digariskan dalam Undang-Undang Negara Republik Indonesia Tahun 1945," Lanjut irup membacakan sambutan Kasal.

Dinamika lingkungan strategis global diwarnai kompetisi dan perebutan pengaruh negara-negara besar yang telah menempatkan indonesia pada pusat kepentingan global, jika tidak siap dan waspada indonesia dapat saja tergilas dalam kompetisi global yang tidak mengenal waktu dan batas.

Berbaurnya ancaman militer dan non militer mendorong terciptanya dilema geopolitik dan geostrategis global yang sulit diprediksi dan diantisipasi. "Oleh sebab itu, TNI Angkatan Laut berani berbenah dan berubah menjadi lebih baik menuju Angkatan Laut yang profesional dan modern serta mendukung cita-cita bangsa untuk menjadi kekuatan maritim yang berpengaruh di kawasan,” ungkap Irup.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 107 Views

Update
No Update Available
Related News
Kasiter Kasrem 043/Gatam bersinergi dengan Purnawirawan Polri
Warga Nahdiyin Kabupaten Kuningan Jawa Barat peringatan 1 Abad NU
Bersama beberapa Ormas, Mitra Kodim 0410 KBL, ikuti Upacara Kibar Bendera HUT RI
×