Senin, 15 Juli 2019 21:16

Wadan Lantamal VI dampingi Gubernur Sulsel dalam acara temu akbar bersama 300 nelayan Sulsel

Event

Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Wadan Lantamal) VI Kolonel Laut (P) Hanarko Djodi Pamungkas mendampingi Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Prof. Dr. Ir. H.M. Nurdin Abdullah, M.Agr dalam acara temu akbar nelayan dan tudang sipulung di Pelabuhan Perikanan Untia, Senin (15/7).

Tujuan kegiatan ini adalah memotret profil bisnis perikanan saat ini dan memproyaksikan strategi pengembangan perikanan yang berkelanjutan, mengidentifikasi tantangan dan hambatan, serta menemukan faktor kunci yang menjadi entry point percepatan bisnis perikanan untuk mendukung perekonomian nasional dan tukar menukar informasi antar pelaku usaha perikanan serta merumuskan strategi bersama pengembangan bisnis perikanan di kawasan timur Indonesia.

Kegiatan ini hasil kerja sama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Balai Besar Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Makassar dan Pelabuhan Perikanan Untia dan Ikatan Sarjana Kelautan Indonesia.

Temu Akbar ini diikuti 300 nelayan di Sulsel, instansi vertikal dan SKPD serta pelaku usaha (stakeholder) kelautan dan perikanan di Wilayah Sulsel.

Gubernur Sulawesi Selatan dalam sambutannya mengatakan posisi strategis Sulsel memiliki sumber daya kelautan dan perikanan yang cukup besar memberikan peluang untuk menjadi sentral akses transportasi berbagai produk keluatan dan perikanan lintas provinsi

Di kesempatan yang sama juga diresmikan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Nelayan (SPBUN) dan unit Pengelolaan Rumput Laut CV. Adi Tirta yang merupakan salah satu eksportir rumput laut terkemuka di Sulsel.

Selain itu juga dilakukan pemusnahan komoditi perikanan hasil penahanan Balai Besar KIPM yang terjadi di Bandara Sultan Hasanuddin, komoditi tersebut diantaranya kerrang kima, kuda laut, daging kima dan sirip ikan hiu.

Turut hadir pada temu akbar nelayan Sulsel, Walikota Makassar, Aspotmar Lantamal VI, Kadispotmar Lantamal VI, Kepala Pusat Pengendalian Mutu, BKIPM, Kepala Pelabuhan Untia, Kepala Balai Besar Karantina Ikan pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 178 Views

Update
No Update Available
Related News
Hari Pers Nasional 2023, PWI Kota Banjar gelar lomba mewarnai dan menulis artikel
Jejak Joko Widodo di Tiongkok
KBRI di Beijing adakan perayaan Hari Raya Iduladha di Wisma Kedubes
×