Minggu, 14 Juli 2019 20:36

AIIB yang beranggotakan 100 negara makin berpengaruh

Luar Negeri

Bank Investasi Infrastruktur Asia (AIIB) mengumumkan Benin, Djibouti dan Rwanda, tiga negara asal Afrika, resmi bergabung dalam AIIB. Sejauh ini anggota AIIB telah bertambah menjadi 100 negara. Hal itu diumumkan pada Sabtu (13/7) di depan sidang tahunan ke-4 Dewan Pengurus AIIB yang digelar di Luksembourg.

Perluasan itu menyatakan bahwa AIIB yang berpendirian mendorong pembangunan infrastruktur, memberikan kontribusi kepada sistem pengelolaan ekonomi dunia dan menganjurkan multilateralisme dan inklusif semakin memperoleh apresiasi internasional. Daya pengaruh dan kepercayaan milik Tiongkok juga semakin diterima oleh komunitas internasional.

AIIB yang bermarkas besar di Beijing adalah satu bank pembangunan multilateral tipe baru yang khusus membidangi investasi infrastruktur. Sejak berdirinya pada 2016, AIIB mengalami 9 kali perluasan, jumlah anggotanya naik menjadi 100 negara dari 57 pada awalnya. Yang utamanya adalah negara-negara berkembang pun dipartisipasi oleh negara maju termasuk Inggris, Perancis, Jerman dan Kanada, jumlah anggotanya jauh lebih melampaui Bank Pembangunan Asia (ADB) yang didanai utama oleh Jepang. Sekarang ini, AIIB semakin berpengaruh besar.

Sejauh ini, AIIB telah melakukan pendanaan terhadap 46 proyek yang tersebar di 18 negara, dengan nilai investasi sebesar 8,5 miliar dolar AS, melibatkan proyek lalu lintas, energi, telekomunikasi dan pembangunan urban, kebanyakan di negara-negara Asia. Sementara itu, AIIB pun memenuhi permintaan investasi dari anggota negara maju. Diprediksi bahwa kebutuhan dana infrastruktur di Asia sekitar 1,4 triliun dolar AS setiap tahun, kebutuhan dana infrastruktur di Afrika sekitar 68-108 miliar dolar AS.

AIIB adalah bagian atau tambahan dari sistem internasional tapi tidak bermaksud menggantikan bank-bank multilateral yang lain, misalnya, proyek eskalasi rumah sederhana di Indonesia justru dilakukan di atas kerja sama antar AIIB dengan Bank Dunia.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 239 Views

Update
No Update Available
Related News
WawancaraeEksklusif Presiden Sierra Leone Julius Maada Bio oleh CMG
Xi Jinping berharap para anggota MPPR aktif berikan masukan untuk dorong pembangunan modernisasi ala Tiongkok
Xi Jinping tulis mukadimah untuk buku pelajaran kursus pelatihan kader seluruh Tiongkok kelompok ke-6
×