Senin, 17 Juni 2019 04:03

Semarak ritual Larung Sesaji Sedekah Laut di Juwana Pati

Peristiwa

Bertempat di Dermaga Desa Bendar RT.02/04 Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, telah digelar prosesi ritual Larung Sesaji Sedekah Laut Juwana tahun 2019, Minggu (16/06).

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Bupati Pati, H. Haryanto, Wakil Bupati Pati, H. Syaiful Arifin, Dandim 0718/Pati Letkol Arm. Arief Darmawan, Kapolres Pati AKBP. Jon Wesley Aryanto serta tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Panitia Sedekah Laut Desa Bendar H. Rasmijan mengatakan, rangkaian acara prosesi Larung Sesaji sedekah laut Juwana di mulai dengan kirab budaya dengan start Lapangan Kendali Sodo Desa Bendar, Kecamatan Juwana.

Kirab ini diikuti dari berbagai daerah dengan menampilkan miniatur kapal dan sesaji yang akan dilarung, rombongan Seni Barong, Marching Band dari SDN Bendar, Grub Aerobics Hok'a Hok'e oleh Ibu-ibu Desa Bendar, Grub Sehat Ceria oleh Ibu-ibu Desa Bendar serta berbagai elemen masyarakat untuk menyemarakkan acara ini.

"Kegiatan ini merupakan tradisi yang dilakukan oleh lima Desa Nelayan di wilayah Kecamatan Juwana yakni Desa Bendar, Bajomulyo, Kedungpancing, Bumirejo dan Desa Trimulyo," tuturnya.

Sementara itu Bupati Pati H. Haryanto, SH MM MSi, yang turut hadir dalam acara ini mengatakan, "kita orang Jawa tidak dapat meninggalkan adat serta budaya Jawa, diantaranya Larung sesaji. Perkembangan Nelayan baik di Desa Bendar dan Bajomulyo sangat luar biasa tidak hanya 100 persen melainkan bisa 200 persen dengan ekonomi saat ini," kata Bupati.

"Untuk itu kita wajib bersyukur kehadirat Tuhan YME atas segala rahmatnya dan yang penting kita juga harus menjaga ekosistem laut untuk masa depan anak dan cucu kita," ungkapnya.

Komandan Kodim 0718/Pati Letkol Arm Arief Darmawan, yang hadir mendampingi Bupati juga mengatakan, "Kegiatan Sedekah Laut ini merupakan bentuk syukur dan tujuan larung sesaji agar Allah SWT memberikan keselamatan, rejeki yang berlimpah serta diberikan kemudahan," ungkap Arief.

Puncak acara larung sesaji ini adalah penyerahan sesaji dari lima Kades kepada Bupati Pati dan dilanjutkan dengan penyerahan sesaji kepada Panitia untuk dilarung ke Laut dengan menggunakan dua buah kapal tambang yang telah disiapkan oleh panitia dengan pengawalan dari Personil Syah bandar, Kamla, Koramil 02/Juwana, Polsek Juwana, serta Sat Pol Airud Polres Pati.

Juwana memang dikenal sebagai kota nelayan dan kota pelabuhan dengan letak geografisnya yang berada di pinggir laut Jawa. Juwana juga salah satu pelabuhan nelayan yang ada di wilayah Pati yang sangat besar dalam menyumbang perekonomian warga Pati.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 432 Views

Update
No Update Available
Related News
Diduga terkena serangan jantung, seorang pria paruh baya tewas di dalam mobil
Polsek dan Pokdarkamtibmas Bhayangkara Sektor Pancoran Mas Depok bagikan takjil kepada masyarakat
Satlantas Polres Jakarta Barat bersihkan ranting pohon tumbang di Jl. Puri Asri, Kembangan Jakarta Barat
×