Selasa, 29 Agustus 2017 11:41

Apjatin: ATM offline, perlu jaringan lain  

Banjir

Offline pada ribuan ATM akibat gangguan jaringan Telkom, banyak keluhan dari masyarakat baik langsung maupun melalui media sosial Facebook, Twitter dan Instagram bahwa tidak bisa melakukan transaksi atau menarik uang dari Anjungan Tunai Mandiri (ATM).



Ine Yuaniza, Ketua APJATIN (Asosiasi perusahaan jasa pengolahan Uang Tunai Indonesia) mengatakan, kondisi ini termasuk force major, ATM memang sangat perlu jaringan komunikasi agar bisa beroperasional sebagai mana penggunaannya. "Tentu harus disiapkan jaringan komunikasi yang lain untuk migrasi jaringan di ATM-nya agar bisa berfungsi kembali," katanya.



Ia menambahkan, dari ATM yang terganggu termasuk BCA, BNI, BRI dan Mandiri, sejauh ini pihak Apjatin mengikuti arahan bank dalam melakukan antisipasi terkait hal ini. Melalui stiker pengumuman di ATM yang offline dengan menginformasikan agar nasabah ke ATM terdekat, karena masih banyak ATM yang berfungsi normal sehingga nasabah tidak perlu khawatir.



Sebelumnya, Direktur Utama PT Telkomsel Alex J Sinaga menjelaskan proses migrasi pelanggan satelit Telkom 1 ke satelit Telkom 2 dan satelit Telkom 3S yang sedang berlangsung dijadwalkan selesai 10 september 2017.



Seperti diketahui, pada Jumat (25/8) pukul 16.51 WIB terjadi anomali pada satelit Telkom 1, yang menyebabkan pergeseran pointing antena sehingga membuat semua layanan transponder dari satelit itu terganggu, berdampak pada layanan anjungan tunai mandiri(ATM) berbasis Very Small Appeture Smal (VSAT).

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 600 Views

Update
No Update Available
Related News
Meski tidak hujan, simpang perempatan Mampang-Pancoran Mas Depok, tergenang banjir
Tujuh kecamatan di Kabupaten Brebes terendam banjir
Banjir rendam perempatan Kodim, Pancoran Mas, Depok
×